Harga Kacang Mete dan Emping Melinjo Melambung

harga kacang meteMenjelang Lebaran , harga sejumlah komoditas makanan cenderung merangkak naik. Sebut saja komoditas kacang mete dan emping melinjo, keduanya saat ini dipasarkan dengan harga yang cenderung melambung.

Dari hasil pantauan di Pasar Legi, awal pekan ini untukharga kacang mete, baik untuk kualitas impor maupun lokal, keduanya dalam sepekan terakhir dibanderol dengan selisih harga Rp 15.000 perkilogram hingga Rp 50.000 perkilogram dari harga sebelumnya. Kacang mete saat ini ditawarkan seharga Rp 110.000 perkilogram hingga Rp 150.000 perkilogram.

Adapun harga emping melinjo jenis tawar maupun manis, keduanya ditawarkan dengan harga relatif tinggi. Emping melinjo tawar dibanderol seharga Rp 37 ribu perkilogram, naik Rp 2000 perkilogram dari pekan sebelumnya sebesar Rp 35 ribu perkilogram.
Sementara emping melinjo manis diperdagangkan seharga Rp 39 ribu perkilogram, naik Rp 2000 perkilogram dari harga semula sebesar Rp 37 ribu perkilogram. Diakui salah seorang pedagang emping melinjo, Suratin (50), pedagang terpaksa menaikkan harga jual lantaran dari pihak pemasok sebelumnya telah menaikkan harga.
Kenaikan sendiri menurut salah seorang pedagang, Wati (43), terjadi lantaran pihak pemasok belakangan menaikkan harga, sehingga berimbas pada penyesuaian harga di tingkat pedagang. Adapun dari sisi permintaan, sejauh ini belum terjadi banyak lonjakan. Suratin memerkirakan, kenaikan permintaan baru akan terjadi pada H-3 Lebaran mendatang.