Manfaat Nutrisi Kacang Mede

manfaat nutrisi kacang meteKACANG METE tidak hanya enak dimakan sebagai camilan, tapi juga aman dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. Di dalam tubuh, lemak tak jenuh tunggal diolah menggantikan lemak jenuh, membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kadar kolesterol jahat.

Satu ons kacang mete menyediakan 20 persen lemak harian yang disarankan. Kacang mete juga kaya akan zat besi, fosfor, selenium, magnesium dan seng. Selain itu, mete merupakan sumber fitokimia, antioksidan, dan protein.

Berikut ragam manfaat nutrisi kacang mede bagi kesehatan:

  1. Proanthocyanidins
    Jenis flavanol yang terbukti dapat mematikan sel tumor dan mencegah sel kanker bereproduksi.
  2. Tembaga yang tinggi pada mete juga membantu manangkal radikal bebas, sekaligus sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh.
  3. Asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal yang juga ditemukan pada minyak zaitun ini, membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida.
  4. Magnesium
    – Dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.
    – Zat selain kalsium sebagai penyusun tulang. Selain itu, tembaga dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi.
    – Magnesium pada kacang mete memberi manfaat pada aliran saraf dan otot. Magnesium menjaga pembuluh darah dan otot tetap rileks dengan cara memperlambat aliran kalsium ke sel-sel saraf.
    – Magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung.
    – Sebaliknya, kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, dan lelah.
  5. Enzim Tirosinase yang bertugas mengkonversi tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

Manfaat nutrisi kacang mede yang yaitu risiko jantung koroner dan kardiovaskuler dapat ditekan dengan rutin mengkonsumsi kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi antioksidan. Wanita yang mengonsumsi setidaknya satu ons kacang setiap minggu, seperti kacang mete, memiliki risiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu. Demikian hasil data yang dikumpulkan dari 80.718 wanita oleh Nurses Health Study. Mereka yang mengkonsumsi kacang dua kali seminggu cenderung terhindar dari kegemukan. Kacang mete yang tinggi “lemak baik” disarankan.

Mete memiliki rasio ideal lemak dalam kacang, yakni 1:2:1 untuk jenuh, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda, yang direkomendasikan untuk kesehatan prima. Kacang mete yang padat energi dan tinggi serat, menjadikannya camilan sehat.